Lainnya

Kamis, 25 April 2013

Pertanian Organik Punya Andil dalam Kurangi Pemanasan Global

Dengan tidak memanfaatkan bahan non-organik sebagai pupuk merupakan sebagian andil dalam mengurangi pemanasan global. Karena energi yang dipergunakan untuk memproduksi pupuk kimia mempunyai andil besar dalam produksi CO2 dalam jumlah besar yaitu bahan bakar fossil yang pembakarannnya mengakibatkan produksi CO2 dalam jumlah yang besar.

Dengan menggunakan bahan-bahan organik sebagai sumber hara untuk pertanian dan dalam jangka panjang tanah justru jauh lebih subur dibandingkan saat ini. Saat ini kecenderungan untuk memperhatikan angka-angka kandungan hara yang tertera pada pupuk yang tercantum tinggi mengelabui pemakai yang justru fungsi tanah untuk penyerapan hara oleh akar semakin lama semakin tidak berfungsi karena menipisnya kandungan organik pada tanah.

Bertumpuknya bahan organik seperti tumpukan-tumpukan sampah pun ternyata menyumbang besar dalam perusakan atmosfir bumi karena dari tumpukan-tumpukan gas metan diproduksi menjadi gas yang dapat merusak ozon.

Dari sini dapat dikatakan bahwa pemanfaatan limbah organik sebagai pupuk organik dapat menurunkan polusi dan rusaknya atmosfir adalah menekan angka pembusukan dengan fermentasi bahan-bahan organik tersebut menjadi pupuk organik, dari hasil pertanian dan perkebunan dikembalikan lagi menjadi bahan penyubur tanaman itu sendiri.

Keuntungan yang didapat dalam jangka pendek adalah menekan biaya pemupukan dan mudahnya pekerjaan dalam pertanian. Sedangkan dalam jangka panjang adalah semakin lama tanah akan semakin subur dan hasil panen dapat 3 kali lebih meningkat dari saat ini.

Ini dibuktikan dengan percobaan tanaman tebu yang hasil berat total tebu yang meningkat dan rendemen gula yang tadinya hanya 5% menjadi 6% s/d 7%  karena sifat pupuk organik yang difermentasi tersebut menampung air dan juga sebagai penjerap hara dari udara dan perombak hara tanah yang tidak dapat diresap oleh akar.

Dalam jangka panjang hasil panen pertanian seperti pada jaman kolonial yang tidak menggunakan pupuk kimia kemungkinan besar akan kembali apabila kita semua menggunakan pupuk organik yang serupa dengan "Humus".


Tebu yang berusia 6 bulan di Blitar

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar